Cara Budidaya Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi

Merawat dan merawat Ikan Koi yang baik barangkali menjadi pesona tersendiri untuk beberapa kalangan. Pokok dasar yang butuh diketahui ialah  http://agent88bet.co/ kolam yang cocok, air yang sesui dan kiat pemberian pakan. Usaha budidaya ikan koi ini lumayan berkembang dengan baik, ikan koi lokal ini merasakan peningkatan kualitas. Pangsa pasar semakin terbuka untuk para pembudidaya dengan semakin mahalnya koi impor.

Banyak media yang dapat kita gunakan, mulai dari aquarium,empang tanah, empang beton, empang terpal dan lainnya. Media yang kamu bisa pakai pun tergantung dari kamu sendiri, sebab untuk ternak ikan koi ini dapat dikatakan lumayan mudah dansimpel serta tidak mengganggu rutinitas harian anda.

Cara membudidayakan ikan koi tidak jauh bertolak belakang dengan budidaya ikan mas. Hanya saja yang menjadi krusial ialah ketersediaan bibit berkualitas. Nah, untuk tersebut yuk simak ulasan berhubungan tips dan trik membudi dayakan ikan koi yang saya tealh rangkum ini :

Cara Budidaya Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi

1.Memilih Induk

Memilih induk ialah peranan urgen dalam budidaya ikan koi. Indukan yang bagus secara genetis bakal menghasilkan keturunan yang bagus, begitu kira-kira hukum umumnya. Induk yang bagus seringkali dimiliki oleh semua penangkar ikan koi.

Jika anda kesulitan mendapatkannya, kamu dapat meminjam induk yang bagus ini ke penangkar atau pehobi budidaya ikan koi yang telah handal.

Di sini kamu dapat kerja sama dengan empunya ikan. Dimanapun diuntungkan sebab ikannya dapat dikawinkan dan pembudidaya dapat mendapatkan keturunan berkualitas. Sebagai imbalannya, seringkali si empunya dipersilakan memilih satu atau dua ekor ikan hasil perkawinan.

2.Memberi Pakan

Pakan bermanfaat di samping untuk menolong pembentukan tubuh ideal dan mencemerlangkan warna pada ikan koi, pun sebagai media perantara guna mengobati ikan koi yang sakit. Jenis pakan yang diberikan dapat berupa pakan alami atau pakan pakan buatan. Yang terpenting pakan itu berisi gizi sebanding sesuai dengan keperluan ikan koi. Pakan usahakan diserahkan dua kali sehari, pagi dan sore supaya kebutuhan gizi ikan koi terpenuhi.

Cara Budidaya Ikan Koi

Cara Budidaya Ikan Koi

3.Menjaga Kualitas Air

Filter empat lapis pun perlu dipasang guna menjaga kesucian dan kelancaran pasokan air. Filter empat lapis ialah filter yang terdiri dari filter kesatu yang terdiri dari kerikil, pasir, dan ijuk yang bermanfaat menyaring sampah dan Lumpur yang mencemari kolam.

Filter kedua dapat di isi dengan karbon zeolit yang bermanfaat menghilangkan racun, bau tak sedap, dan membunuh bibit penyakit. Filter ketiga berupa pestisida yang tak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam.Sedangkan filter keempat berupa tumbuhan atau bebatuan yang bisa mengikat kotoran.

4.Filter Air Bagi Ikan Koi

Untuk bisa menghasilkan anakan ikan koi yang bagus dan berbobot | berbobot | berkualitas maka gunakanlah filter air didalamempang terpal. Filter air ini bermanfaat untuk mengawal oksigen didalam air sampai-sampai ikan koi bisa berkembang biak dengan baik. Penempatan filter ikan dapat diletakan pada dasar empang terpal sampai-sampai air bakal tetap terjaga dengan baik.

5.Pembibitan Ikan Koi

Proses pembenihan untuk budidaya ikan koi di empang terpal dapat dilakukan dengan 2 teknik yaitu kamu bisa meletakanembrio pada empang atau membulatkan kedua indukan jantan dan betina langsung. Namun, untuk pembenihan dengan perkawinan inipaling beresiko, sebab kemungkinan besar bakal cepat mati sebelum embrio dihasilkan.

Nah, berikut 5 tips untuk berhasil membudidayakan ikan koi. Selamat mencoba.